1,000 Perfect Weekends: Great Getaways Around the Globe

1,000 Perfect Weekends: Great Getaways Around the Globe

Geografi Aktivitas gejala pasca vulkanisme berdampak positif bagi kehidupan. Salah satu bentuk dampak positif tersebut dapat dikelola pada bidang pariwisata yaitu….

Aktivitas gejala pasca vulkanisme berdampak positif bagi kehidupan. Salah satu bentuk dampak positif tersebut dapat dikelola pada bidang pariwisata yaitu….

jawaban pendek

potensi dari gejala pasca vulkanik yg berpengaruh bagi kehidupan manusia seperti :

1. sebagai sumber gas dalam pembangkit listrik

2. menjadi objek wisata

3. sebagai sumber bahan tambang

4. menyediakan material bahan bangunan

5. sebagi sumber mineral

jawaban panjang

aktivitas vulkanisme berupa letusan gunung berapi yg mengeluarkan magma dari perut bumi, dimana magma berupa bahan silikat pijar yg terdiri atas batuan , cairan dan gas. gejala pasca vulkanik merupakan gejala yg terjadi setelah letusan gunung api. dampak dari gejala pasca vulkanik yg dapat menunjang kehidupan seperti :

1. sebagai sumber panas bumi dalam pembangkit listrik, adanya panas bumi atau geotermal dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik.

2. menjadi objek wisata, gunung berapi yg telah meletus akan menyediakan banyak tempat tempat wisata seperti tempat pemandian air panas seperti sumber air panas batu raden jawa tengah, tretes jawa timur, cianjur jawa barat. selain itu objek wisata yg bisa dimanfaatkan dari pasca vulkanik seperti objek kawah, adanya letusan gunung berapi yg sangat kuat menyebabkan bagian atas dari gunung berapi hilang dan saat itulah terbentuknya kawah, dan kawah inilah yg dapat di jadikan sebagai tempat wisata seperti kawah gunung tangkuban perahu, gunung bromo tengger dll

3. sebagai sumber bahan tambang, gunung berapi yg telah meletus akan menghasilkan banyak material padat seperti batu, pasir dan kerikil yg bagi kehidupan material tsb dapat dijadikan sebagai sumber bahan tambang. sehingga material yg di tambang tsb dapat di jadikan sebagai bahan untuk mendirikan bangunan

4. sebagai sumber bahan minera, material vulkanik yg di keluarkan oleh letusan gunung berapi akan banyak mengandung mineral dan unsur hara. unsur hara inilah yg dapat bermanfaat bagi kesuburan tanah, sehingga biasanya dampak dari gejala pasca vulkanik yg dirasakan oleh petani disekitar lereng gunung ialah tanah yg menjadi lebih subur.

selan itu mineral tsb juga akan terkandung di dalam air sehingga air pegunungan dapat di jadikan sebagai sumber air minum yg mengandung banyak mineral

Semoga bermanfaat

[answer.2.content]